Cara Memegang Bola Softball

Cara Memegang Bola Softball ~ Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri atas 2 tim, setiap tim terdiri atas 9 pemain dan selebihnya adalah pemain cadangan. Teknik dasar yang harus dikuasai bila ingin bermain softball antara lain melempar bola, menangkap bola, memukul, dan melakukan sliding.


Ada 3 macam cara memegang bola softball. Tiga cara tersebut meliputi pegangan empat jari, pegangan tiga jari dan pegangan dua jari. berikut ini dijelaskan cara melakukannya.
  1.  Memegang bola dengan empat jari (untuk tingkat pemula dan jari-jarinya pendek)
  2. cara ini menempatkan kelima bagian jari tangan pada sekeliling bola sedemikian rupa menjadi satu genggaman. pegangan seperti ini biasanya dilakukan oleh anak-anak pemain pemula atau pemain yang memiliki jari-jari yang pendek.

  3.  Memegang bola dengan tiga jari (untuk yang memiliki tangan kecil dan jari-jari pendek)
  4. cara ini menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas. jari kelingking dan ibu jari di bgian bawahnya.

  5. Memegang bola dengan dua jari (untuk yang memiliki tangan besar dan jari-jari panjang)
  6. cara ini menepatkan jari telunjuk dan jari tengah pada bagian atas bola dan disangga oleh ketiga jari lainnya pada bagian bawah bola.


Sumber pustaka :
  • Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
  • Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan VIII/Faridha Isnaini, Suranto.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

0 Response to "Cara Memegang Bola Softball"

Post a Comment