Cara Melakukan Pukulan Menahan Bola (Bunt) Pada Permainan Softball

Cara Melakukan Pukulan Menahan Bola (Bunt) Pada Softball ~ Tujuan utama memukul bola adalah untuk memperoleh nilai, menyelamatkan diri sendiri, dan membantu teman pelari lain (base runner) untuk mencapai base berikutnya.


Beberapa cara pukulan yang sering digunakan dalam softball salah satunya adalah Pukulan Menahan Bola (Bunt), adapun Cara Melakukan Pukulan Menahan Bola (Bunt) Dalam Softball adalah sebagai berikut.

Pukulan menahan bola (bunt) adalah suatu pukulan yang dilakukan tanpa mengayunkan lengan dan bola hanya disentuh perlahan. Tujuannya untuk mengecoh regu penjaga. Dengan pukulan tersebut regu penjaga harus berlari agak jauh untuk dapat menguasai bola.


Cara melakukan pukulan menahan bola (bunt) adalah sebagai berikut.
  • Putar posisi badan dari posisi siap memukul untuk melaukan bunt menghadap pelempar (pitcher) dengan posisi kaki tetap berada di batter box.
  • Pegang stick dengan ujung tangan diantara jari telunjuk dan ibu jari, sedangkan jari-jari lain dilipat disekitar stick.
  • Tempatkan pemukul sama tinggi di depan berhadapan dengan pelempar (pitcher).
Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP/MTs/Sujarwadi, Dwi Sarjiyanto; editor, Fitriani Lestari H., Retno Susanti; ilustrator, D. Wisnu Kinardi, Dewi Isnaeni.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Cara Melakukan Pukulan Menahan Bola (Bunt) Pada Permainan Softball"

Post a Comment