Posisi Seorang Penangkap Bola (Catcher) Dalam Permainan Softball

Posisi Seorang Penangkap Bola (Catcher) Dalam Softball ~ Softball dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim terdiri atas sembilan pemain. Selain kecepatan dan ketangkasan, olahraga ini juga membutuhkan stamina yang kuat. Selain itu, seorang pemain juga harus mengetahui benar mengenai kedudukannya dalam tim, mengetahui tugas dan kewajiban yang harus dilakukannya sesuai dengan posisi masing-masing.


Catcher adalah penjaga yang berada di belakang pemukul untuk menangkap bola. Posisi catcher adalah di antara home plate dan back stop, dengan posisi jongkok di belakang pemukul dan mengenakan sarung tangan khusus. Seorang catcher yang baik memenuhi kriteriakriteria berikut ini.
  1. Memiliki daya refleksi yang baik dan memiliki kemampuan melempar bola secara tepat ke setiap base yang dituju.
  2. Memiliki kecepatan dan kesigapan menanggapi setiap peluang yang diperoleh timnya.
  3. Mengetahui karakter dan tipe bermain pitcher-nya, sehingga catcher dapat mengarahkan pitcher dalam mengambil suatu tindakan. Oleh karena itu, seorang catcher bertugas untuk memberitahu pitcher menentukan tipe lemparan yang cocok untuk menghadapi seorang pemukul (batter).
Berikut ini video yang menayangkan tentang posisi dan cara seorang penangkap bola atau catcher dalam melakukan teknik tangkapan bola, selamat menyaksikan.


Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Related Posts:

0 Response to "Posisi Seorang Penangkap Bola (Catcher) Dalam Permainan Softball"

Post a Comment