Tugas, Kemampuan, Serta Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Oleh Outfielder Dalam Permainan Softball

shortstop softball [Image by nk.psu.edu], 
Tugas, Kemampuan, Serta Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Oleh Outfielder Dalam Softball ~ Outfielder adalah penjaga sisi luar lapangan. Outfielder merupakan pemain yang mengisi posisi left fielder, middle fielder, dan right fielder. Ketiga pemain outfield ini juga bertugas membantu menjaga belakang pemain infield, yaitu :
  • Left fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base III (third baseman).
  • Middle fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base II (second baseman) dan shortstop.
  • Right fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base I (first baseman) pada base II (second base).


Outfielder merupakan barisan terakhir dari suatu tim defensif. Ketika bola terlempar melampaui barisan ini, kondisi ini sangat cocok untuk melakukan triple atau home run. Home run adalah berlari menuju home plate atau base IV sebagai base terakhir, setelah berhasil memukul bola secara sah dan berhasil melewati base I, base II, dan base III.
  • Mampu memperhitungkan pukulan bola yang melambung. Oleh karena itu, pemain ini harus memiliki keterampilan dalam berlari, menangkap, dan melempar.
  • Mampu memperhitungkan arah suatu pukulan begitu lepas meninggalkan kayu pemukul.
  • Mampu menangkap bola yang sedang melambung di udara. Menangkap bola lambung adalah dengan menggunakan dua tangan. Tujuannya agar bola lebih mudah dikuasai, serta bola lebih cepat diambil dari dalam glove, yang selanjutnya dilempar ke tempat lain.


  • Menguasai area kekuasaannya dan bergerak dengan cepat.
  • Mengetahui kemampuan pitcher dan lemparan yang sering mengenai sasaran.
  • Mampu memperkirakan kekuatan bola di atas tanah dan mengetahui arah menggelincirnya bola. Selain melambung, bola hasil pukulan kadang hanya bergulir di atas permukaan tanah. Oleh karena itu, langkah yang harus diambil adalah menghentikan gerak bola untuk selanjutnya dilemparkan ke infield. Cara-cara untuk menghentikan gerak bola yaitu Bergerak ke arah bola; Melipat lutut dan meletakkan glove di samping kaki; dan Meletakkan glove di antara kedua kaki.
Lemparan yang dilakukan dari outfield ke arah infield menggunakan lemparan ke atas, sehingga bola bergerak dalam lintasan garis lurus dan kemungkinan untuk tepat sasaran lebih besar. Selama berada di dalam lapangan dan pertandingan berlangsung, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh outfielder.
  • Outfielder perlu melakukan perpindahan posisi sesuai tipe permainan batter (pemukul).
  • Outfielder lebih baik bermain terlalu dalam daripada terlalu dekat. Salah satu penyebabnya adalah adanya angin yang memengaruhi lambungan bola yang dipukul ke arah luar lapangan.


  • Outfielder lebih baik datang menyambut bola daripada membalikkan badan karena adanya bola datang.
  • Outfielder lebih baik segera lari menjauhi posisi dalam lapangan agar bola datang tidak melewatinya. Hal ini disebabkan pengaruh sinar matahari yang menyilaukan sehingga bola tidak terlihat oleh outfielder.
  • Para pemain outfield perlu membangun kerja sama yang solid. Bentuk kerja sama dapat berupa memberi isyarat atau tanda khusus yang ditujukan kepada teman satu regunya. Oleh karena itu, komunikasi yang baik dari tiap pemain sangat diperlukan dalam olahraga ini.
Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Tugas, Kemampuan, Serta Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Oleh Outfielder Dalam Permainan Softball"

Post a Comment