Peraturan yang Ada Sepanjang Permainan Softball

Peraturan yang Ada Sepanjang Pertandingan Softball ~ Olahraga softball merupakan olahraga yang dimainkan olah dua tim yaitu tim penyerang dan tim bertahan. Seperti pada olahraga lainnya, softball juga mempunyai peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap pemain sepanjang pertandingan berlangsung.


Adapun peraturan pertandingan dalam softball, meliputi:
  1. Jumlah pemain dalam satu regu terdiri atas 9 orang.
  2. Pertandingan dipimpin oleh wasit, di setiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire.
  3. Lamanya pertandingan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning. Adapun yang dimaksud satu inning adalah setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga.
Berikut ini beberapa peraturan-peraturan sepanjang pertandingan softball, yaitu.


  1. Untuk menentukan siapa yang menjadi regu penjaga (home team/HT) dan siapa regu pemukul (visiting team/VT) harus dilakukan undian (toss) dengan uang logam.
  2. Pertandingan softball dilakukan sebanyak tujuh inning. Untuk pertandingan antarsekolah dapat dibatasi dengan waktu 1½ jam, tetapi dengan catatan sesudah mencapai 5 inning penuh (perjanjian setempat).
  3. Apabila suatu regu tidak datang di lapangan pada waktu bertanding, regu tersebut dinyatakan kalah, dan regu yang menang dapat nilai 7- 0.
  4. Nilai tidak dihitung jika terjadinya bersamaan dengan terjadinya out yang ke-3 di first base atau di katuk di tempat lain (sebelum mencapai base).
Sumber pustaka : BSE (Buku Sekolah Elektronik) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan/Sodikin Chandra, Achmad Esnoe Sanoesi; editor, Ema Kurnianingsih.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Peraturan yang Ada Sepanjang Permainan Softball"

Post a Comment