Macam-Macam Teknik Pukulan Dalam Permainan Softball

Macam-Macam Teknik Pukulan Dalam Softball ~ Untuk menghasilkan angka, selain mengandalkan teknik berlari dan sliding juga paling penting menguasai teknik memukul. Dengan menggunakan teknik memukul yang baik, kita dapat menghasilkan banyak poin jika bola yang kita pukul sulit ditangkap oleh pemain penjaga. Dalam softball dikenal dua macam pukulan, yaitu:

1. Pukulan swing


  • Sikap awal, Berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.
  • Sikap saat memukul, Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher. Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.
  • Sikap akhir Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

Sumber pustaka : Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan 2/Budi Sutrisno, Muhammad Bazin Khafadi; editor, Tim Editor Putra Nugraha; ilustrator, Tim Ilustrasi Putra Nugraha.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

3 Responses to "Macam-Macam Teknik Pukulan Dalam Permainan Softball"