Taktik Pertahanan (Defensive Strategy) Dalam Olahraga Softball

Taktik Pertahanan (Defensive Strategy) Dalam Olahraga Softball ~ Taktik pertahanan adalah siasat atau usaha dari regu penjaga lapangan untuk bertahan menghadang serangan lawan dengan cara mematikan lawan. Setiap pemain yang akan menerapkan taktik pertahanan atau defensive strategy harus memahami beberapa hal, yaitu:


  1. Selalu siap, waspada, pandai menganalisis kemungkinan yang terjadi sebelum pertandingan atau ketika pitching. Selain itu, pemain harus mengetahui situasi pertandingan pada saat sedang berlangsung seperti: hitungan ball dan strike, jumlah out, inning, dan kekuatan atau kelemahan lawan;
  2. Mengetahui akibat yang dapat terjadi dari tindakan yang dilakukan;
  3. Harus pandai menempatkan posisi penjaga, melakukan tangkapan, terampil dan cepat mengambil bola untuk melempar keras dan tepat terhadap sasaran yang dituju.
Beberapa taktik pertahanan yang dapat dilakukan oleh pemain Softball adalah. Menguasai pelari (run down), Mematikan dengan pasti, Mematikan lebih dari satu, Force out, Bunt, Menjaga bola lambung, Steal, Relays ball, Cut off the ball, dan Double play.

Sumber pustaka : BSE Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan/ disusun oleh Tarmudi B. Hafid ; Ahmad Rithaudin. -- Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2011.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Taktik Pertahanan (Defensive Strategy) Dalam Olahraga Softball"

Post a Comment