Perlengkapan Pemain Softball

Perlengkapan Pemain Softball ~ Sama halnya dengan olahraga lainnya, softball juga mempunyai beberapa perlengkapan yang harus ada disetiap pertandingan softball. Salah satunya ialah uniform atau seragam, yang termasuk kedalam seragam ialah baju, celana, sepatu, dan topi. Seragam ini mempunyai fungsi untuk membedakan antara kedua tim atau regu yang bertanding.


Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam permainan softball tim atau regu yang bertanding dibedakan menjadi dua yaitu regu penyerang dan regu bertahan. Kedua regu tersebut perlu ataau wajib menggunakan perlengkapan yang telah disepakati, berikut ini beberapa perlengkapan pemain softball.
  • Pemain penjaga memakai glove (semacam sarung tangan) yang terbuat dari kulit agak tebal, berukuran 38 × 38 cm dan beratnya 283 gram. Untuk penjaga belakang atau Catcher, selain memakai glove juga mengenakan pelindung muka atau kepala yang disebut masker/face mark dan pelindung badan yang disebut body protector.


  • Bola terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri atas campuran gabus dan karet. Lingkaran bola 30 cm dan berat bola 190 gram.
  • Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB PERBASASI yang panjangnya tidak lebih dari 40 cm.
  • Body protector dan helmet,  Untuk melindungi badan maka digunakan body protector. Demikian juga untuk melindungi kepala digunakan helmet. Body protector biasanya hanya digunakan oleh pemain penangkap bola (catcher).
Sumber pustaka : Arena Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan /Hilman Nurhuda, Mia Kusumawati; editor, Ricky Rusdhiyana, Nur Fajriyah.— Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Perlengkapan Pemain Softball"

Post a Comment