Keahlian Dasar yang Perlu Dimiliki Oleh Pemain Softball

shortstop softball [Image by nk.psu.edu], 
Keahlian Dasar yang Perlu Dimiliki Oleh Pemain Softball ~ Agar dapat melakukan permainan softball dengan baik, maka seseorang harus menguasai teknik-teknik dasar dalam softball yaitu keahlian Melempar Bola (Throwing), Menangkap Bola (Catching),  Memukul Bola (Batting), Menghadang Bola tanpa Ayunan (Bunting) dan Lari ke Base dan Meluncur (Baserunning and Sliding). Berikut ini penjelasan dari keahlian dasar Softball, yaitu.

1. Melempar Bola (Throwing)

Dalam olahraga softball, pelari base dan bola menempuh jarak yang lebih pendek karena ukuran lapangannya lebih kecil dibanding bisbol. Cengkeraman dijaga konstan sehingga pemain dapat mengembangkan suatu kontrol dan ritme yang baik dalam melakukan lemparan. Kontrol bola yang banyak digunakan adalah mencengkeram bola di antara ibu jari dan jari telunjuk serta jari tengah.

2. Menangkap Bola (Catching)
Tipe bola yang harus dikuasai pemain adalah bola yang melayang di udara dan bola yang telah melambung kemudian menggelinding di tanah dengan kecepatan tertentu. Pengamatan terhadap bola bergerak merupakan faktor penting dalam menangkap bola. Berikut ini cara menangkap bola softball.
  • Jika posisi bola di bawah pinggang, maka cara menangkapnya dengan merapatkan jari-jari kelingking.
  • Jika bola menyentuh sarung tangan, maka pemain harus segera menangkapnya dengan menggerakkan tangan kanan ke atas bola kemudian mencengkeramnya.
3. Memukul Bola (Batting)


Kekuatan ayunan ketika memukul bola sebagian besar bertumpu pada kaki belakang. Kepala pemukul agak ke depan dibanding posisi badan, sedangkan tangan mencengkeram pemukul dengan kuat. Kayu pemukul diayunkan setinggi lambungan bola, dan sementara diayunkan, kaki kiri bergerak ke depan ke arah pitcher dengan langkah menyeret, dan berhenti setelah bola dipukul. Selanjutnya, mengambil langkah pertama menuju base I.

4. Menghadang Bola tanpa Ayunan (Bunting)
Bunting merupakan peristiwa di mana bola secara sah disentuh dengan pemukul tanpa ayunan (bat). Cara melakukannya dengan menghadang laju bola menggunakan pemukul secara pelanpelan, sehingga bola ke dalam area permainan yang sah (infield). Tujuan melakukan bunting adalah agar bola jatuh di dekat home base. Oleh karena itu, dalam melakukannya diarahkan ke garis base di sisi-sisi lapangan.

5. Lari ke Base dan Meluncur (Baserunning and Sliding)


Setelah memukul bola, selanjutnya pemukul segera berlari menuju base I. Begitu mencapai base I, ia disebut pelari base (baserunner). Pelari base tetap berada di base sampai pitcher melepas bola, dan ia bersiap-siap meninggalkan base dengan satu kaki bertumpu pada base tersebut, agar ia tidak di “tik” oleh lawan. Pergerakan baserunner ini sesuai dengan abaaba pembantu yang berada di dekat base I dan III.

Teknik lanjutan setelah berlari adalah sliding. Sliding adalah berhenti pada suatu base sambil menahan luncuran, yang dilakukan dengan cara menjatuhkan badan ke depan atau ke belakang agar susah di “tik”. Luncuran yang paling umum digunakan adalah luncuran mengait. Teknik ini memungkinkan seorang pelari base menyentuh base sambil tetap menjaga jarak maksimum dengan penjaga base.


Berikut ini video teknik meluncur atau sliding dalam permainan softball.


Sumber pustaka : Penjasorkes/Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso; editor, Joko Sumpeno, Dedy Joko Budi Santoso.—Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Keahlian Dasar yang Perlu Dimiliki Oleh Pemain Softball"

Post a Comment