Keahlian Dasar yang perlu Dimiliki Pemain Sofball

Keahlian Dasar yang perlu Dimiliki Pemain Sofball ~ Berlari merupakan teknik yang sangat diperlukan karena kegiatan tersebut berupa olahraga gerak cepat. Oleh karena itu, kecepatan dan ketangkasan sangat dibutuhkan dalam olahraga ini. Olahraga softball sangat menyenangkan, karena dilakukan beregu dan kerja sama yang baik dari pemain di tiap posisi harus terjalin dengan baik.


Agar dapat melakukan atau mahir dalam olahraga softball dengan baik, maka seseorang harus menguasai teknik-teknik dasar olahraga ini.  beberapa kemampuan dasar seorang pemain softball yaitu sebagai berikut :

1. Melempar Bola (Throwing)
Cara melakukan lemparan adalah:
  • Pertama-tama pegang bola di tangan kanan, tangan kiri memegang glove.
  • Kaitkan kedua tangan dengan posisi bola di dalam glove.
  • Injak pitcher plate kemudian putar tangan yang memegang bola satu putaran bahu penuh, dengan bantuan pergelangan tangan lepas dan lemparkan bola ke depan.
2. Menangkap Bola (Catching)
Teknik menangkap bola dalam olahraga softball terdiri dari dua yaitu Teknik menangkap bola untuk catcher dan Teknik menangkap bola untuk penjaga lapangan/ base. Untuk teknik menangkap bola untuk penjaga lapangan/ base terbagi lagi menjadi tiga cara, yaitu Teknik menangkap bola yang bergulir di tanah, Teknik menangkap bola lambung, dan Teknik menangkap bola lurus


3. Memukul Bola (Batting)
Cara memukul dalam olahraga softball ini ada dua macam, yaitu memukul bola dengan ayunan penuh (swing) dan memukul bola tanpa ayunan (bunting).

4. Lari ke Base dan Meluncur (Baserunning and Sliding)
Sliding adalah upaya menjangkau base dengan cepat dengan cara meluncurkan dan menyentuhkan anggota badan ke base. Ada dua macam teknik sliding yaitu Teknik sliding lurus (straight leg slide) dan Teknik sliding mengait (hook slide). Berikut ini video teknik meluncur atau sliding dalam permainan softball.

Baca juga ini:

Related Posts:

0 Response to "Keahlian Dasar yang perlu Dimiliki Pemain Sofball"

Post a Comment