Posisi Pemain Dalam Permainan Softball Bagi Regu yang Bertahan


Posisi Pemain Dalam Permainan Softball Bagi Regu yang Bertahan ~ Softball merupakan salah satu olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau regu, masing-masing tim atau regu yang bertanding dalam permainan softball dibagi menjadi dua yaitu tim atau regu penyerang atau ofensive dan regu bertahan atau defensive.


Pada regu yang menyerang, setiap pemain melakukan tugasnya untuk mencetak angka dengan cara pertama memukul bola yang dilambungkan oleh pemain bertahan, setelah itu pemain tersebut berlari dan melewati base 1 sampai 3 hingga kembali ke home base. Sementara itu setiap pemain pada regu bertahan berusaha untuk mencegah pemain penyerang untuk mencetak angka.

Dalam hal mencegah pemain penyerang untuk mendapatkan poin, terdapat posisi pemain yang harus ditempati oleh pemain-pemain yang mempunyai keahlian, beberapa keahlian atau teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain regu bertahan diantaranya melempar dan menangkap.


Terdapat 9 (sembilan) posisi yang ditempati oleh 9 (sembilan) pemain pada regu bertahan dalam permainan softball, diantaranya yaitu:
  1. Pitcher (pelambung bola), posisi ini ditempati oleh pemain yang mempunyai keahlian melempar atau melambungkan bola, tugasnya ialah melambungkan bola ke pemain pemukul lawan dengan sekeras dan sekuat-kuatnya, tugasnya berhasil jika bola yang dia lambungkan tidak bisa dipukul oleh pemain lawan.
  2. Catcher (penangkap bola), posisi ini terdapat disamping pemain pemukul dan berhadapan dengan pelambung bola atau pitcher, tugasnya menangkap bola yang dilambungkan oleh pitcher jika bola tersebut tidak bida dipukul oleh pemain lawan.
  3. First Baseman (penjaga base satu), posisi ini ditempati oleh seorang pemain yang tugasnya untuk menjaga dan meatikan lawan yang hendak menuju ke basenya, caranya dengan menangkap bola yang dilemparkan kepadanya dari teman sebelum pemain lawan menyentuh base plate.
  4. Second Baseman (penjaga base dua), tugas penjaga base dua sama dengan penjaga base satu, yaitu mematikan pemain lawan yang menuju ke base dua.
  5. Third Base (penjaga base tiga), sama halnya dengan penjaga base satu dan dua, tugas penjaga base tiga untuk menjaga base tiga dari pemain lawan yang menuju ke base tiga.
  6. Short Stop (Penjaga Antara Base Dua dan Tiga), pemain ini berposisi diantara base dua dan base tiga, tugasnya ialah menjaga bola hasil pukulan yang berada di area kekuasaannya, selain itu pemain ini juga dapat membantu mengambil bola jika pemain lawan melakukan pukulan bunt.
  7. ,8.,9. Fielder (penjaga lapangan belakang) pemain ini terbagi menjadi tiga yaitu left fielder (penjaga lapangan kiri), center fielder (penjaga lapangan tengah), dan right fielder (penjaga lapangan kanan). Pemain yang bertugas sebagai penjaga lapangan belakang bertugas untuk menangkap bola yang mengarah kedaerahnya dan mengopernya lagi ke temannya yang ada di base.



Artikel Terkait

0 Response to "Posisi Pemain Dalam Permainan Softball Bagi Regu yang Bertahan"

Post a Comment

Powered by Blogger.