Macam-Macam Teknik Memukul Bola (Hitting) Pada Permainan Softball

Softball hitting [image by www.softballperformance.com], 
Macam-Macam Teknik Memukul Bola (Batting) Pada Permainan Softball ~ Terdapat beberapa teknik yang mendasar dari permainan softball, diantaranya ialah melempar dan menangkap bola, serta satu lagi yaitu memukul bola. Jika anda regu atau tim anda mendapat giliran menjadi tim menyerang atau ofensive, teknik memukul bola ini harus sangat bisa di kuasai oleh setiap pemain selain teknik-teknik lainnya.


Dalam permainan Softball dikenal dua macam teknik memukul bola yang sudah banyak digunakan oleh para pemain Softball diseluruh dunia, kedua teknik memukul bola tersebut ialah teknik memukul bola tanpa ayunan atau biasa disebut dengan bunt dan teknik memukul bola dengan ayunan atau biasa disebut dengan swing.

Teknik memukul bola tanpa ayunan atau bunt biasa juga disebut dengan pukulan mengecoh, karena pada awalnya pukulan ini dilakukan seolah-olah akan memukul bola sekeras-kerasnya kebelakang, akan tetapi ketika bola akan mengenai tongkat stik, pemain pemukul tadi dengan cepat mengubah posisi tangannya  pada tongkat pemukul sehingga bola jatuh tidak jauh dari pemukul dan memeprsulit pemain lawan untuk mengambil bolanya.


Posisi tangan pada tongkat pemukul yang dimaksud pada saat akan menggunakan teknik bunt ini ialah tangan kiri tetap memegang bagian bawah tongkat pemukul, sedangkan tangan kanan yang merubah posisi dari bagian bawah tongkat pemukul ke bagian tengah tongkat pemukul sehingga jika tongkat mengenai bola maka bola tersebut tidak akan jauh terpental.

Teknik bunt ini jarang kita lihat pada saat pertandingan softball, sebab teknik ini perlu melakukan latihan secara terus menerus tentang timing atau waktu yang tepat pada saat bola datang dan tongkat yang diarahkan ke bola, serta yang tidak kalah penting ialah penempatan bola pukulan bunt tersebut.


Sementara itu teknik memukul bola dengan ayunan atau swing banyak kita lihat dan sering sekali dilakukan oleh pemain softball, sebab pukulan ini akan membuat waktu untuk pelari berpindah dari base satu ke base lainnya atau untuk mencetak angka akan semakin banyak,apa lagi jika bola yang kita pukul tadi melewati lapangan pertandingan maka akan semakin banyak poin yang didapat.

Sama halnya dengan pukulan bunt tadi, pukulan swing juga harus memerlukan banyak latihan sebab dengan banyak latihan maka refleks kita untuk memukul bola saat bola tersebut datang akan semakin cepat, serta yang paling penting bola yang kita pukul terpental sejauh mungkin sehingga pemain lawan sulit atau tidak bisa mengambilnya.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Macam-Macam Teknik Memukul Bola (Hitting) Pada Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.