9 Nama Pemain Softball dan Tugasnya

Permainan softball [image by olahragapedia.nyimuetz.com], 
9 Nama Pemain Softball dan Tugasnya ~ Softball merupakan salah satu permainan yang mengandalkan kerja sama tim untuk memenangkan pertandingan, selain itu penguasaan teknik dasar dari setiap pemain juga menjadi kunci kesuksesan dalam bermain. Hal itu sangat dirasakan pada saat salah satu tim menjadi tim penjaga ataupun tim penyerang, pada tim penjaga setiap pemain yang menempati posisinya mempunyai peran tersendiri.


Sama seperti olahraga atau permainan sejenis seperti Baseball atau olahraga lainnya seperti Sepak Bola, setiap pemain mempunyai posisi-posisi yang dikuasainya, khususnya untuk tim penjaga. Setidaknya terdapat sembilan (9) nama pemain yang tersebar dibeberapa posisi dalam lapangan permainan.

Kesembilan nama atau posisi pemain softball tersebut antara lain pelambung bola (pitcher), penangkap bola (catcher), penjaga base satu (first base), penjaga base dua (second base), penjaga antara base dua dan tiga (Short Stop), penjaga base tiga (third base), penjaga lapangan kiri (left fielder), penjaga lapangan tengah (center fielder), dan penjaga lapangan kanan (right fielder).

Pastinya kesembilan pemain tersebut mempunyai tugas sendiri-sendiri dalam melakukan penjagaan, dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas dalam menjaga wilayahnya merupakan salah satu hal yang dapat mengantarkan tim nya menuju kemenangan. Berikut ini beberapa tugas dari pemain softball.

1. Pelambung Bola (Pitcher)


Picher merupakan pemain yang bertugas sebagai pelambung atau pelempar bola dalam softball. Sorang pitcher mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membawa timnya memenangkan sebuah pertandingan, ia juga harus pandai mengoordinasikan antara gerakan lengan, bahu, serta badannya. Selain itu, pemain pada posisi ini dituntut untuk memiliki keberanian, tekad kuat, dan kondisi fisik yang baik.

Biasanya, pitcher juga membantu mengambil bola yang telah dipukul oleh pemain pemukul lawan jika jarak bola dengan dirinya dekat dan dengan cepat mengumpan atau melemparkan bola tersebut ke penjaga base 1 sebelum pemain lawan sampai ke base 1.

2. Penangkap Bola (Catcher)
Catcher adalah penjaga yang berada di belakang pemukul untuk menangkap bola, posisi catcher adalah di antara home plate dan back stop, dengan posisi jongkok di belakang pemukul dan mengenakan sarung tangan khusus. Tugas dan tanggung jawab seorang catcher yaitu, Menangkap setiap lambungan bola yang dilakukan pitcher.

Selain menangkap bola, Catcher juga bertugas mengarahkan permainan defensif dan strategi yang digunakan oleh keseluruhan anggota tim, Mengetahui kelemahan pemukul dan menerapkan strategi yang tepat untuk memanfaatkannya, dan Menangkap bola yang dipukul dan melambung/ menggelinding di dekat posisinya.

3. Penjaga Base Satu (first base)


First Baseman merupakan posisi yang ditempati oleh pemain untuk menjaga base pertama atau satu, Pemain yang berposisi sebagai first baseman mempunyai tugas utama yaitu menangkap bola yang dilempar maupun yang dipukul ke arahnya sebelum pemain pemukul menyentuh base pertama.

Adapun tugas-tugas lainnya dari first baseman yaitu Menjaga base I dan menangkap bola yang dipukul atau dilempar ke area tersebut; Membuat force out (mati terpaksa) pemain lawan. Caranya dengan menyentuh base pertama atau melempar bola pada pemain lain yang menjaga base I. Cara lain adalah dengan melempar bola pada base II; Menghentikan pemain pada home plate; Membantu menjaga belakang pada base II; dan Melanjutkan lemparan dari lapangan sisi kanan.

4. Penjaga Base Dua (Second Base)
Penjaga base II berada di abase kedua. Second baseman harus memiliki kemampuan melakukan bermacam-macam tipe lemparan. Posisi ini berperan seperti pemancar terhadap bola yang berbalik ke arah kanan dan tengah lapangan. Beberapa tugas second baseman dijelaskan berikut ini.

Menjaga daerah kekuasaannya, yaitu di antara base I dan base II; Mengetik pemain yang berlari dari base I ke base II. Mengetik adalah menyentuh pemain lawan dengan bola; Membuat force out (mati terpaksa) dengan cara melempar bola ke arah base I atau base II; Membantu menjaga base I ketika first baseman memungut bola; Membantu menjaga daerah belakang base II jika shortstop menjaga base II; Meneruskan lemparan dari outfield ke infield; dan Berperan penting dalam permainan ganda yang dimulai oleh shortstop.

5. Penjaga Antara Base Dua dan Tiga (Short Stop)


Shortstop adalah penjaga lapangan depan, yang berada di antara base II dan base III. Shortstop juga harus menguasai semua tipe lemparan. Posisi pemain ini hampir sama dengan second baseman. Adapun tugas dari shortstop ini ialah menjaga bola hasil pukulan yang berada di area kekuasaannya.

Selain itu tugas lainnya ialah menempati base II ketika pemain lawan melakukan bunting; menjaga base II pada permainan ganda; memberikan shortflip (melempar pendek sambil memutar badan) kepada first baseman atau second baseman pada permainan ganda; membantu penjaga base III ketika terjadi “stealing”. Stealing yaitu ada pelari base yang berusaha ke base depan sewaktu pemukul mengayunkan kayu pemukulnya, sebelum bola lepas dari tangan pitcher; dan melakukan ‘pop-up’ sebanyak mungkin di belakang base III. Pop-up merupakan pukulan melambung yang lemah.

6. Penjaga Base Tiga (Third Base)
Penjaga base III mengambil posisi bertahan pada jarak 4 yard atau sekitar 3,7 meter, di dalam garis base III, dan 3, 7 meter di belakang sebuah garis imajiner dari base II dan base III. Adapun tugas dari penjaga base tiga atau third baseman ialah menjaga base III yang menjadi daerah kekuasaannya.

Selain itu tugas lainnya ialah membuat force out dengan cara melempar bola ke base I.3) Membantu menjaga daerah belakang shortstop; Memotong atau meneruskan lemparan bola yang berasal dari outfielder; dan Menguasai bola hasil pukulan bunt ke arah base III yang berada di bagian samping infield.

7. Penjaga Lapangan Kiri (Left Fielder), Penjaga Lapangan Tengah (Center Fielder), dan Penjaga Lapangan Kanan (Right Fielder)


Pemain yang mengisi posisi left fielder, middle fielder, dan right fielder disebut juga dengan Outfielder atau pemain penjaga sisi luar lapangan. Ketiga pemain outfield ini juga bertugas membantu menjaga belakang pemain infield.

Left fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base III (third baseman). Middle fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base II (second baseman) dan shortstop. Right fielder bertugas membantu menjaga belakang penjaga base I (first baseman) pada base II (second base).

Itulah kesembilan nama atau posisi pemain softball beserta tugas-tugasnya, walaupun mempunyai tugas yang berbeda-beda, akan tetapi setiap pemain tersebut mempunyai satu tujuan dan tugas yang sama, yaitu menahan tim lawan dari mencetak poin dan pastinya tujuan utamanya yaitu memenangkan pertandingan.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "9 Nama Pemain Softball dan Tugasnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.