Ukuran Lapangan Rounders dan Keterangannya

Gambar lapangan rounder beserta ukurannya
Gambar dan Ukuran Lapangan Rounders dan Keterangannya ~ Rounders merupakan olahraga yang berasal dari Inggris, olahraga ini hampir sama dengan olahraga softball. Hanya ada beberapa yang membedakan kedua olahraga tersebut, selain peraturan pertandingan hal lain yang terlihat berbeda dari olahraga tersebut ialah dalah hal teknik memukul bola dan perlengkapannya.


Jika kita perhatikan, teknik atau cara memukul bola pada olahraga rounders dan softball berbeda, walaupun tujuan dari memukul bola pada kedua olahraga tersebut sama yaitu untuk memukul bola sejauh-jauhnya sehingga penjaga lawan kesulitan dalam menangkapnya. Jika pada pertandingan softball batter melakukan dua tangan saat akan memukul bola, akan tetapi pada olahraga rounders hanya menggunakan satu tangan saja.

Perbedaan lainnya ialah dalam hal perlengkapan, salah satunya ialah lapangan. Lapangan rounders mempunyai bentuk yang sedikit berbeda, jika pada olahraga softball atau baseball lapangannya berbentuk berlian atau diamonds, pada lapangan rounders bentuknya berlian tidak sempurna. Coba teman-teman perhatikan gambar lapangan rounders diatas.


Pada gambar diatas kita dapat melihat bahwa, pada olahraga rounders terdapat empat pos base/pos pemberhentian pemain, berbeda dengan olahraga softball dan baseball yang mempunyai 3 base/pos atau tempat pemberhentian pemain. Jarak antara masing-masing pos/base yaitu 12 meter, kecuali pos 3 ke pos 4 yang jaranya hanya 8,5 meter saja.

Pada lapangan terdapat juga area untuk pemain yang bertugas melempar atau melambungkan bola yang berada ditengah lapangan. Area ini disebut juga bowling square, berbentuk persegi empat yang berukuran 2,5 x 2,5 meter. Sementara itu tepat didepan bowling square yang berjarak 7,5 meter terdapat batting square yaitu area tempat pemain pemukul bola, area pemukul bola ini berbentuk persegi dengan ukuran 2 x 2 meter.


Itulah sedikit informasi mengenai ukuran lapangan rounders dan keterangannya, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian dan dapat menambah wawasan pengetahuan kita mengenai olahraga didunia khususnya olahraga rounders yang populer dinegara asalnya Inggris. Sampai ketemu pada postingan selanjutnya.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Ukuran Lapangan Rounders dan Keterangannya"

Post a Comment

Powered by Blogger.