Pengertian Sliding Dalam Permainan Softball

Teknik dasar sliding [image by www.examiner.com], 
Pengertian Sliding Dalam Softball ~ Sliding termasuk kedalam salah satu teknik dasar yang harus dikuasai oleh pemain softball khususnya saat menjadi tim menyerang, teknik ini sangat berguna pada saat pemain berlari dan akan mencapai base secara cepat. Jadi, apa pengertian dari teknik dasar sliding itu? Berikut ini akan dijelaskan secara singkatnya.


Pada umumnya, sliding dapat diartikan sebagai meluncur atau sorong. Atau dapat pula diartikan berhenti pada suatu base sambil mengerem, dengan cara menjatuhkan badan ke muka atau ke belakang agar sukar di-tick. Atau sliding ialah berhenti pada suatu base sambil menahan luncuran dngan cara menjatuhkan badan ke muka atau kebelakang guna menghindari penjaga agar selamat mencapai base.

Pada umumnya teknik sliding mempunyai 3 macam, antara lain Teknik sliding lurus (straight leg slide), Teknik sliding mengait (hook slide), dan Teknik sliding dengan kepala lebih dahulu (headfirst slide).


Adapun tujuan dari melakukan teknik sliding dalam olahraga softball yaitu Untuk mengurangi laju lari ke arah base tanpa kehilangan tempo lari antarbase dan dapat berhenti tepat di atas base tersebut, dan Untuk menghindar dari kejaran lawan sehingga dapat mencapai base dengan selamat.
Berikut ini video teknik meluncur atau sliding dalam permainan softball.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian sliding dalam softball, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai permainan softball dan dapat pula menjawab pertanyaan teman-teman tentang pengertian sliding.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Pengertian Sliding Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.