Pengertian Pitcher Dalam Permainan Softball

Pitcher [image by www.stack.com], 
Pengertian Pitcher Dalam Softball ~ Terdapat beberapa posisi yang ditempati seorang permain dalam olahraga softball, salah satunya ialah pitcher. Pitcher merupakan salah satu posisi yang banyak disukai oleh pemain softball, akan tetapi tidak semua pemain bisa mengambil posisi sebagai pitcher atau pelempar bola.


Apa sebenarnya pitcher itu? Picher merupakan pemain yang bertugas sebagai pelambung atau pelempar bola dalam softball. Sorang pitcher mempunyai tugas dan tanggung jawab yang besar dalam membawa timnya memenangkan sebuah pertandingan, ia juga harus pandai mengoordinasikan antara gerakan lengan, bahu, serta badannya. Selain itu, pemain pada posisi ini dituntut untuk memiliki keberanian, tekad kuat, dan kondisi fisik yang baik.

Seorang pitcher berdiri di atas plate, menghadap ke arah catcher. Pitcher akan berusaha melempar bola sekuat tenaga ke arah mitts catcher. Posisi bola lempar mempunyai wilayah khusus yang disebut zona strike (strike zone), yaitu di atas home plate. Strike zone adalah posisi bola dalam wilayah pukul batter, ketinggian bola antara bahu dan lutut batter.


Pada saat melempar, pitcher akan berusaha membuat bola strike, supaya batter kesulitan memukul bola, walaupun bola berada di zona pukulnya. Tantangan seorang pitcher adalah melempar dengan kecepatan tinggi dan dengan sasaran yang tepat.

Untuk menjadi seorang pitcher, setidak ada beberapa kriteria atau syarat yang harus dipenuhi, kriteria tersebut antara lain adalah seorang pitcher harus memiliki stamina dan kekuatan tubuh yang prima, seorang pitcher harus menguasai berbagai teknik lemparan, dan seorang pitcher harus mampu mengatur arah dan kecepatan lemparan dengan baik.


Seorang pitcher harus menguasai teknik dasar lemparan agar mampu melempar bola dengan cepat dan tepat, selain teknik melempar juga harus menguasai teknik memegang bola. Dalam softball dikenal 3 cara memegang bola untuk pitcher diantaranya memegang bola dengan empat jari, memegang bola dengan tiga jari, dan memegang bola dengan dua jari.

Terdapat teknik khusus melempar bola untuk pitcher, berikut ini cara melakuka lemparan pitcher.
  1. Berdiri sikap melangkah, kedua kaki lurus, dan pandangan tertuju kepada pemukul.
  2. Bola dipegang didepan badan.
  3. Tangan pemegang bola (kanan) putar kebelakang dan ke atas mengarah kedepan.
  4. Lepaskan bola setelah tangan kanan berada disampng badan ketinggian bola setinggi pinggang.
  5. Akhir gerakan, kaki kanan didepan dan berat badan dibawa ke depan pandangan tertuju ke arah gerakan bola.


Berikut ini video tentang teknik melempar bola pitcher dalam permainan softball.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian pitcher dalam olahraga softball, semoga penjelasan ini dapat menambah wawasan kita semua mengenai softball serta dapat menjawab pertanyaan teman-teman sekalian mengenai apa itu pitcher. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca juga ini:



Artikel Terkait

0 Response to "Pengertian Pitcher Dalam Permainan Softball"

Post a Comment

Powered by Blogger.